Kamis, 06 Februari 2020

Kenali Jenis-Jenis Pisau Dapur

Bagi Anda yang suka memasak, pisau bukanlah hal yang asing bagi Anda. Pisau justru menjadi peralatan wajib ketika memasak. Namun, apakah tahukah Anda pisau untuk memotong, mengupas, ataupun mengiris membutuhkan pisau yang berbeda-beda? Pernahkah Anda hendak mengupas mangga, ternyata pisaunya terasa kurang tajam. Padahal, pisau tersebut biasa Anda gunakan untuk memotong. Kenapa? Karena pisau untuk mengupas tidak sama dengan pisau untuk memotong. Pisau untuk mengupas biasanya ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan pisau untuk memotong.
Untuk memudahkan pekerjaan dapur Anda yang cukup melelahkan, mari kita kenali jenis-jenis pisau dapur dan masing-masing kegunaannya!

Chef’s Knife



Chef’s knife adalah  pisau serba guna dan fleksibel untuk mengiris, memotong maupun mencincang. Ya, pisau ini paling mudah ditemukan di pasaran.

Sementara karakeristik dari chef's knife ialah memanjang dan memiliki ujung yang tajam. Panjang pisaunya berkisar antara 15 cm hingga 30 cm, sehingga dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan.
Chef's knife juga bisa digunakan dalam membentuk bahan masakan menjadi potongan kotak-kotak atau bentuk yang kecil.

Jika koleksi pisau di dapur masih terbatas, minimal kamu harus memiliki chef's knife untuk aktivitas memasak.

Slicing Knife

 

Pisau untuk mengiris atau slicing knife adalah nama yang sering kita dengar di dunia memasak. Pisau ini biasanya memiliki sisi yang tipis atau bergerigi dengan ujung yang tidak meruncing. Bahan-bahan yang biasanya diiris tipis antara lain daging, roti, atau sayur-sayuran.

Cleaver Knife





 Pisau dengan bilah yang lebar biasanya digunakan untuk mememarkan bawang putih atau mencincang. Daging atau sayuran akan lebih mudah dicincang atau dimemarkan menggunakan jenis pisau ini. Cleaver knife ini memiliki bentuk persegi dan cukup berat. Gagangnya pun lebih kokoh jika dibandingkan dengan jenis pisau lainnya.

Boning Knife




Bentuknya memang agak aneh, melengkung dan mengecil di bagian paling ujungnya. Ternyata boning knife ini berguna untuk membuat daging fillet, yakni daging tanpa tulang. Nah, kalau kamu mau misahin daging dari tulangnya, boning knife adalah pilihan pisau yang paling cocok. Pisau ini juga biasa digunakan untuk membuang urat atau lemak dari daging. Makanya bentuknya dibuat melengkung dan mengecil di bagian ujung supaya pemakainya bisa mengontrol pisau dengan baik.

Bread Knife


Kamu suka membuat roti di rumah? Nah, bagi kamu yang suka membuat roti di rumah maka wajib memiliki bread knife.
Ya, pisau roti adalah alat potong berukuran panjang dengan bagian bawah pisau yang tidak terlalu tajam.
Pisau panjang dengan tepi bergerigi ini berfungsi memotong roti tawar, roti manis, roti isi, baquette hingga kue dengan rapi tanpa membuatnya hancur. Selain itu bread knife juga dapat digunakan untuk memotong buah, sayuran dan makanan yang sedikit keras.

Pada umumnya pisau roti memiliki panjang sekitar 12,5 cm sampai 30 cm.

Paring Knife


 Sering disebut dengan pisau kupas, dengan ukuran sekitar 6 sampai 10 cm. Dengan demikian memudahkan kita untuk mengupas kulit buah, sayur dan membelah punggung udang. Uniknya, paring knife juga dapat dipakai untuk menghias makanan. Bentuk pisau yang kecil dan ujungnya meruncing membuat penggunanya bisa fleksibel saat mengukir berbagai bentuk buah atau sayur sebagai hiasan masakan.

Itulah jenis-jenis pisau yang biasa digunakan di dapur. Anda bisa memilih jenisnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa berhati-hati kalau sedang memotong, mencincang, atau mengiris. Rajin-rajinlah juga merawat dan membersihkan pisau supaya tetap tajam.


Follow us:

Instagram              : @victorinox.id
Twitter                   : @klinovasi
Youtube                 : Victorinox Indonesia
Facebook               : @klinovasi










#victorinox #victorinoxangler #victorinoxswiss #victorinoxindonesia #kawanlamainovasi #klinovasi #victorinoxforfishing #victorinoxuntukmemancing #memancing #fishing #jualvictorinox #belivictorinox #jualbelivictorinox #distributorvictorinoxjakarta #distributorvictorinoxindonesia #outdoor #multitools #pocketknife



Tidak ada komentar:

Posting Komentar